Cara Mudah beserta Tips Menciptakan sebuah Brand
Membangun sebuah dinasty bisnis itu bukan seberapa besar pendapatanmu tapi seberapa lama bisnismu itu bisa bertahan, dih sok bijak sekali saya
Oke mari kita lanjut, beberapa produk yang mungkin teriang2 dikepala anda
Di era digital
APPLE SAMSUNG NOKIA
APPLE SAMSUNG NOKIA
Ketika kita membahas tentang fasion ?
GUCCI , GUESS , PRADA dan komplotan lainya
di setiap sektor industri ada brand brand ternama yang selalu melekat di kepala kita
Nah pada dasarnya membangun sebuah brand berbeda dengan membuat sebuah produk atau jasa
Brand adalah alat marketing yang paling nyata dan menjanjikan untuk masa depan
membangun sebuah brand itu membutuhkan waktu mungkin 1 tahun 5 tahun atau 10 tahun
Waduh kok bisa lama ?
Hal ini disebabkan karna kamu membangun sebuah produk dan memberikan brosur mentah langsung di dalam kepala konsumen .
bahasa kasarnya cuci pikiran ^-^ yaudah kita ambil sisi positifnya
Beberapa Pertanyaan yang dapat membantu
1. BRAND hanya dibutuhkan Untuk bisnis jangka panjang, Untuk bisnis jangka pendek anda cukup punya produk
2. Untuk bisnis jangka panjang anda butuh Marketing-Skill, Utk bisnis jangka pendek anda cukup punya Sales-Skill
3. Jadi BRAND sama dgn Marketing? Tidak, Brand tidak ada dlm Marketing-Mix
4. Lalu BRAND itu apa?
5. BRAND bukan produk
6. BRAND bukan Logo
7. BRAND bukan Merek
8. BRAND bukan packaging atau kemasan
9. BRAND bukan Iklan
10. BRAND bukan promosi, Bonus atau hadiah
11. BRAND bukan pameran
12. BRAND bukan sosmed, Twitter, Facebook atau Instagram
13. BRAND adalah hubungan emosi antara konsumen dgn produk anda melalui pengalaman pertamanya yg berkesan
14. LOGO adalah bentuk visual yg menjadi tanda dari pengalaman pertama yg berkesan
15. SLOGAN adalah kata2 yg menggambarkan manfaat yg didapat lewat pengalaman kobsumen
16. PRODUK memberi manfaat FISIK, Lewat produk konsumen dapat APA,
17. BRAND memberi manfaat EMOTIONAL, Karena itu lewat brand konsumen menjadi SIAPA
18. BRAND itu ibarat CINTA, Pandangan pertama dan pengalaman pertama harus menimbulkan kesan yg tak terlupakan
19. Krn itu harus bs hadirkan emosi, excitment, ekspektasi, passion, surprise pd pengalaman pertama konsumen dgn produk anda
20. Bila anda mampu menghadirkan emosi to the max pd pengalaman pertama, itu adalah awal dari branding pada konsumen
21. Seperti halnya anda yg gak bakalan lupa nama cowok atau cewek yg memberi ciuman pertama hehehe
22. Jadi branding itu di awali dgn sebuah death-kiss of a product
23. Sebagai BRAND-builder anda hrs punya visi kedepan tanpa batas. Krn BRAND dibutuhkan utk business jangka panjang
24. Malah dlm banyak kasus BRAND masih hidup meski produknya sudah mati. Polaroid, Sakura Film, Odol, dll
25. Kalau sebatas BRAND dlm konteks product-branding masih sederhana. Masih bisa diatasi dgn produk, promosi atau trik2 lain
26. Kalau sdh bicara PERSONAL-BRAND agak sedikit rumit mengingat produknya adlh manusia. Faktor like-dislike dominan.
27. Kalau utk product-brand toolsnya manfaat, utk Personal-Brand toolsnya adalah issue utk menciptakan brand
28. Belum lagi kalau mau jadi CITIZÈN-BRAND, PLACE-BRAND dan bahkan CITY-BRANDING
29. 10 thn lalu PERSONAL-BRAND dibangun berdasarkan KOMPETENSI orangnya.
30. Sekarang personal-Brand dibangun melalui manajemen ISSUE utk menutupi kekurangan kompetensinya
sumber : https://gegeriyadi.com/brand-itu-apa
1.Menemukan Nama Brand yang Unik dan Menarik
Brand dapat kita sebuat sebagai alat mengukur suatu produk atau perusahaan. Strategi branding menjadi elemen terpenting dalam suatu bisnis yang dimiliki oleh seseorang. Jika nama brand-nya unik, maka bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi suatu perusahaan.
Jawab saya : Karna mereka mengikuti arus yang sudah ada
Apakah salah ?
Jawab saya : Tidak
Loh jadi Korban kok enggak salah
Jawab saya : Karena mereka berani mencoba....
Terus berikan contoh dari Brand teknologi ?
Jawab Saya : Tidak ada
Kenapa ?
Karna hampir rata2 brand teknologi walaupun terbilang muda mereka sudah siap dengan sebuah nama brand untuk jangka panjang.
Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuat Brand
Menggambarkan Bisnis atau Produk yang Ditawarkan
Setiap hari ada banyak brand yang bermunculan sehingga akan
sangat sulit untuk bersaing jika nama brand terlalu pasaran. Dengan brand yang
unik maka konsumen mudah mengenali produk melalui penglihatan, suara, tekstur,
dan lain sebagainya.
Ketika memikirkan nama sebuah brand, usahakan supaya
brand-nya bisa menggambarkan bisnis atau produk yang memang sedang ditawarkan.
Pertimbangkan nama brand dengan melihat bidang apa yang kamu lakukan dan
berhubungan dengan hal apa. Nama brand harus sinkron dengan produk sehingga
memudahkan konsumen mengerti produk yang kamu buat dalam waktu singkat.
Mudah Diucapkan
Salah satu tips dalam membuat nama brand yang cepat beken
adalah dengan memilih nama yang mudah diucapkan. Jika nama brand mudah
diucapkan, maka brand akan mudah diingat. Untuk membuat nama brand yang mudah,
kamu bisa menggunakan bahasa lokal. Pilihan lainnya adalah menggunakan frasa
yang merupakan bahasa sehari-hari. Selain itu kamu bisa juga memakai bahasa
asing, namun tentu saja bahasanya harus yang sudah akrab di telinga masyarakat,
ya.
Gunakan Maksimal Tiga Suku Kata
Agar brand yang kamu buat jadi lebih mudah dikenal maka kamu
bisa membuat nama brand yang terdiri dari maksimal 3 suku kata. Hindari membuat
nama brand yang panjang. Kata yang berlebihan hanya menyulitkan konsumen untuk
mengingat nama brand. Contohnya adalah Google, Nikon, dan lain sebagainya.
Sesuaikan dengan Logo
Brand belum lengkap tanpa hadirnya sebuah logo. Untuk
membuat logo juga tidak bisa asal saja karena logo bisa berperan penting
menarik konsumen untuk mengingat produk atau jasa yang kamu tawarkan. Sesuaikan
brand dengan logo sehingga bisa memberi pesan kuat terhadap siapa saja yang
melihatnya. Akan lebih baik lagi jika nama dan logo berada dalam kesatuan
desain.
Menarik dan Unik
Bisnis atau produk yang kamu tawarkan akan makin mudah
dikenal jika brand kamu menarik dan unik. Pilih brand yang memiliki pembeda
dari lainnya. Konsumen tentunya akan lebih memilih dan lebih mengingat brand
yang menarik dan mudah diucap serta diingat.
Kamu bisa memasukkan makna konotasi dan denotasi yang
positif dalam brandmu. Tujuan dari hal ini adalah agar konsumen menangkap makna
dan arti dari visi misi brand yang kamu dirikan. Saat nama brand kamu menarik
dan unik tentu pelanggan jadi penasaran dengan produk atau jasa dan selanjutnya
jadi pelanggan tetap karena brand mudah diingat.
Post a Comment for "Cara Mudah beserta Tips Menciptakan sebuah Brand"
Silahkan berikan komentar kamu dibawah :